Mengembalikan Menu Entry Windows yang Hilang dan Mengubah Nama Windows di Menu Entry pada Grub Linux Debian


debian

Beberapa waktu yang lalu saya ada masalah Laptop saya. Saya mula-mulanya menginstal OS WINDOWS XP SP 3 lalu ingin dijalankan dengan system Dual Boot bersamaan OS Linux Debian. Namun apa yang tejadi kemudian…..?

ketika masuk grub, yang saya dapati tidak ada pilihan untuk OS Windows XP, Kemudian saya masuk ke OS Linux Debian, lalu saya dapati partisi untuk instalasi windows masih ada…..Aman….Aman….

Sedikit tenang, cari cari referensi kemudian dicoba-coba juga akhirnya ketemu bagaimana cara mengembalikan Menu Entry Windows yang hilang pada Grub Debian

Untuk mengembalikannya, anda dapat menambahkan menu entry baru pada grub, atau melakukan cara simple seperti di bawah ini:

Login ke dalam sistem linuxnya sebagai root atau superuser,

Login-SU

Kemudian buka file grub di /etc/default/grub dengan menggunakan perintah gedit /etc/default/grub

GRUB-FILE

Kemudian tambahkan baris

GRUB_DISABLE_OS_PROBER=false

TAMBAH-GRUB-FILE

Simpan dengan cara menekan tombol Ctrl+S. Untuk keluar dari Gedit, tekan Ctrl+Q.

kemudian jalankan command

update-grub2

Restart Debian, dan perhatikan bahwa menu entry untuk Windows XP telah kembali.

Kurang puas menu entry telah kembali, dirubahlah nama Windows XP… dengan nama “Windows XP GUA” dengan masuk ke directory grub. /boot/grub/grub.cfg. trus edit file tersebut gedit /boot/grub/grub.cfg

EDIT-MENU-GRUB-FILE

Lalu rubah kata Microsoft Windows XP Professional (on /dev/sda1) menjadi “Microsoft Windows XP GUA”

EDIT-MENU-GRUB-FILE-GUA

Simpan dengan cara menekan tombol Ctrl+S. Untuk keluar dari Gedit, tekan Ctrl+Q.

Kemudian Restart Linux, jadilah menu pada Grub seperti yang kita inginkan

Posted on April 12, 2014, in Debian Linux, Mengembalikan Menu Entry Windows yang Hilang dan Mengubah Nama Windows di Menu Entry pada Grub Linux Debian and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

